Minggu, 08 Desember 2013

Kecerdasan Buatan

Meskipun udah tengah malem Ginii... tetep Ngerja'in tugas donK... :P
Berikut Resume Mengenai Kecerdasan Buatan :)
_ semoga bermanfaat _


''Kecerdasan Buatan''

..Definisi Kecerdasan Buatan
Apakah Kecerdasan Buatan ?
!  Kecerdasan buatan adalah merupakan salah satu bagian ilmu komputer yang membuat agar mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang di lakukan manusia
Apakah perbedaan kecerdasan buatan dan Kecerdasan alami ?
      Perbedaan Berdasarkan Kelebihannya :
!  Kecerdasan buatan :
1. Lebih bersifat permanen. Kecerdasan alami bisa berubah karena sifat manusia pelupa. Kecerdasan buatan tidak berubah selama sistem komputer & program tidak mengubahnya.
2. Lebih mudah diduplikasi & disebarkan. Mentransfer pengetahuan manusia dari 1 orang ke orang lain membutuhkan proses yang sangat lama & keahlian tidak akan pernah dapat diduplikasi dengan lengkap.Jadi jika pengetahuan terletak pada suatu sistem komputer, pengetahuan tersebut dapat disalin dari komputer tersebut & dapat dipindahkan dengan mudah ke komputer yang lain.
3. Lebih murah. Menyediakan layanan komputer akan lebih mudah & murah dibandingkan mendatangkan seseorang untuk mengerjakan sejumlah pekerjaan dalam jangka waktu yang sangat lama.
4. Bersifat konsisten karena kecerdasan buatan adalah bagian dari teknologi komputer sedangkan kecerdasan alami senantiasa berubah-ubah
5. Dapat didokumentasi.Keputusan yang dibuat komputer dapat didokumentasi dengan mudah dengan cara melacak setiap aktivitas dari sistem tersebut. Kecerdasan alami sangat sulit untuk direproduksi.
6. Lebih cepat
7. Lebih baik


!  Kecerdasan Alami  :
1. Kreatif : manusia memiliki kemampuan untuk menambah pengetahuan, sedangkan pada kecerdasan buatan untuk menambah pengetahuan harus dilakukan melalui sistem yang dibangun.
2. Memungkinkan orang untuk menggunakan pengalaman secara langsung. Sedangkan pada kecerdasan buatan harus bekerja dengan input-input simbolik.
3. Pemikiran manusia dapat digunakan secara luas, sedangkan kecerdasan buatan sangat terbatas.
4. Program kecerdasan buatan dapat ditulis dalam semua bahasa komputer, baik dalam bahasa C, Pascal, Basic, dan bahasa pemrograman lainnya. Tetapi dalam perkembangan selanjutnya, dikembangkan bahasa pemrograman yang khusus untuk aplikasi kecerdasan buatan yaitu LISP dan PROLOG.

..Kecerdasan buatan dilihat dari berbagai sudut pandang.
1.   Sudut pandang Kecerdasan : mesin menjadi ‘cerdas’
(mampu berbuat apa yang dilakukan oleh manusia).

2. Sudut pandang Penelitian : studi bagaimana membuat
agar komputer dapat melakukan sesuatu sebaik yang
dilakukan oleh manusia.

Domain penelitian:

Mundane task
• Persepsi(vision& speech)
• Bahasa alami (understanding,generation & translation)
• Pemikiranyang bersifat common sense
• Robot control

Formaltask
• Permainan/games
• Matematika (geometri, logika, kalkulus, integral,pembuktian)

Expert task
• Analisis finansial
• Analisis medikal
• Analisisilmu pengetahuan
• Rekayasa (desain, pencarian, kegagalan, perencanaan,
manufaktur).

3. Sudut pandang Bisnis : kumpulan peralatan yang
Sangat powerful dan metodologis dalam menyelesaikan
masalah-masalah bisnis.

4. Sudutpandang Pemrograman : studitentang
Pemrograman simbolik, penyelesaian masalah
(problem solving) dan pencarian(searching).

..Kecerdasan Buatan memiliki 2 bagian yaitu ;
!  Basis Pengetahuan (Knowledge Base) : berisi fakta-fakta, teori,
pemikiran dan hubungan antara satu dengan lainnya.
!  Motor Inferensi (Inference Engine) : kemampuan menarik kesimpulan berdasarkan pengalaman.


Gambar 1.1 Penerapan Konsep kecerdasan Buatan di Komputer

..Sejarah Kecerdasan Buatan
• 1950-an, Alan Turing mengusulkan tes untuk melihat bisa/tidaknya mesin memberikan respon terhadap serangkaian pertanyaan (agar mesin dapat dikatakan cerdas)
• Istilah“Artificial Intelligence” di munculkan oleh John McCarthy (MIT),tahun 1956 pada Dartmouth Conference. Dalam konferensi itu juga didefinisikan tujuan AI, yaitu mengetahui dan memodel kan proses-proses berpikir manusia dan mendesain mesin agar dapat menirukan kelakukanmanusia tersebut.
• Beberapa program AI periode1956-1966 :
Logic Theorist, untuk pembuktian teorema matematik.
Sad Sam (oleh Robert K.Lindsay, 1960), program yang dapat mengetahui kalimat sederhana dalam bahasa Inggris dan memberikan jawaban dari fakta yang didengar dalam sebuah percakapan.
ELIZA (Joseph Weizenbaum, 1967), program untuk terapi pasien dengan memberikan jawaban.


..Lingkup Kecerdasan Buatan
1. SistemPakar(Expert System)
Komputer memiliki keahlian untuk menyelesaikan masalah dengan meniru keahlian yang dimiliki oleh pakar.
2. Pengolahan Bahasa Alami (Natural Language Processing)
Diharapkan user dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan bahasa sehari-hari.
3. PengenalanUcapan(Speech Recognition)
Melalui pengenalan ucapan, diharapkan manusia dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan suara.
4. RobotikadanSistemSensor (Robotics & Sensory Systems)
5. Computer Vision
Menginterpretasikan gambar atau obyek-obyek tampak melalui komputer
6. Intelligence Computer –aided Instruction
Komputer digunakan sebagai tutor yang dapat melatih dan mengajar.
7. Game Playing
Perkembangan selanjutnya adalah kemunculan Fuzzy Logic (1965) dan Terminologi Genetika (John Halland, 1975).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar