Meskipun udah tengah malem Ginii... tetep Ngerja'in tugas donK... :P
Berikut Resume Mengenai Kecerdasan Buatan :)
_ semoga bermanfaat _
''Kecerdasan Buatan''
Berikut Resume Mengenai Kecerdasan Buatan :)
_ semoga bermanfaat _
''Kecerdasan Buatan''
..Definisi Kecerdasan Buatan
Apakah
Kecerdasan Buatan ?
! Kecerdasan
buatan adalah merupakan salah satu bagian ilmu komputer yang membuat agar mesin
(komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang di lakukan manusia
Apakah perbedaan kecerdasan buatan dan
Kecerdasan alami ?
Perbedaan
Berdasarkan Kelebihannya :
! Kecerdasan buatan :
1. Lebih bersifat permanen. Kecerdasan
alami bisa berubah karena sifat manusia pelupa. Kecerdasan buatan tidak berubah
selama sistem komputer & program tidak mengubahnya.
2. Lebih mudah
diduplikasi & disebarkan. Mentransfer pengetahuan manusia dari 1 orang ke
orang lain membutuhkan proses yang sangat lama & keahlian tidak akan pernah
dapat diduplikasi dengan lengkap.Jadi jika pengetahuan terletak pada suatu
sistem komputer, pengetahuan tersebut dapat disalin dari komputer tersebut
& dapat dipindahkan dengan mudah ke komputer yang lain.
3. Lebih
murah. Menyediakan layanan komputer akan lebih mudah & murah dibandingkan
mendatangkan seseorang untuk mengerjakan sejumlah pekerjaan dalam jangka waktu
yang sangat lama.
4. Bersifat
konsisten karena kecerdasan buatan adalah bagian dari teknologi komputer
sedangkan kecerdasan alami senantiasa berubah-ubah
5. Dapat
didokumentasi.Keputusan yang dibuat komputer dapat didokumentasi dengan mudah
dengan cara melacak setiap aktivitas dari sistem tersebut. Kecerdasan alami
sangat sulit untuk direproduksi.
6. Lebih cepat
7. Lebih baik
! Kecerdasan
Alami :
1. Kreatif : manusia memiliki
kemampuan untuk menambah pengetahuan, sedangkan pada kecerdasan buatan untuk
menambah pengetahuan harus dilakukan melalui sistem yang dibangun.
2.
Memungkinkan orang untuk menggunakan pengalaman secara langsung. Sedangkan pada
kecerdasan buatan harus bekerja dengan input-input simbolik.
3. Pemikiran
manusia dapat digunakan secara luas, sedangkan kecerdasan buatan sangat
terbatas.
4. Program
kecerdasan buatan dapat ditulis dalam semua bahasa komputer, baik dalam bahasa
C, Pascal, Basic, dan bahasa pemrograman lainnya. Tetapi dalam perkembangan
selanjutnya, dikembangkan bahasa pemrograman yang khusus untuk aplikasi
kecerdasan buatan yaitu LISP dan PROLOG.
..Kecerdasan
buatan dilihat dari berbagai sudut pandang.
1.
Sudut pandang
Kecerdasan : mesin menjadi ‘cerdas’
(mampu
berbuat apa yang dilakukan oleh manusia).
2. Sudut pandang Penelitian : studi
bagaimana membuat
agar
komputer dapat melakukan sesuatu sebaik yang
dilakukan
oleh manusia.
Domain penelitian:
–
Mundane task
•
Persepsi(vision& speech)
•
Bahasa alami (understanding,generation & translation)
•
Pemikiranyang bersifat common sense
•
Robot control
–Formaltask
•
Permainan/games
•
Matematika (geometri, logika, kalkulus, integral,pembuktian)
–
Expert task
•
Analisis finansial
•
Analisis medikal
•
Analisisilmu pengetahuan
•
Rekayasa (desain, pencarian, kegagalan, perencanaan,
manufaktur).
3. Sudut pandang Bisnis : kumpulan peralatan
yang
Sangat
powerful dan metodologis dalam menyelesaikan
masalah-masalah
bisnis.
4. Sudutpandang Pemrograman : studitentang
Pemrograman
simbolik, penyelesaian masalah
(problem
solving) dan pencarian(searching).
..Kecerdasan
Buatan memiliki 2 bagian yaitu ;
! Basis Pengetahuan (Knowledge Base) : berisi
fakta-fakta, teori,
pemikiran
dan hubungan antara satu dengan lainnya.
! Motor Inferensi (Inference Engine) : kemampuan
menarik kesimpulan berdasarkan pengalaman.
Gambar 1.1
Penerapan Konsep kecerdasan Buatan di Komputer
..Sejarah Kecerdasan Buatan
• 1950-an, Alan Turing mengusulkan tes untuk melihat bisa/tidaknya
mesin memberikan respon terhadap serangkaian pertanyaan (agar mesin dapat
dikatakan cerdas)
• Istilah“Artificial
Intelligence” di munculkan oleh John
McCarthy (MIT),tahun 1956 pada Dartmouth Conference. Dalam konferensi itu juga
didefinisikan tujuan AI, yaitu mengetahui dan memodel kan proses-proses berpikir
manusia dan mendesain mesin agar dapat menirukan kelakukanmanusia tersebut.
• Beberapa program AI periode1956-1966 :
– Logic Theorist, untuk
pembuktian teorema matematik.
– Sad Sam (oleh Robert
K.Lindsay, 1960), program yang dapat mengetahui kalimat sederhana dalam bahasa
Inggris dan memberikan jawaban dari fakta yang didengar dalam sebuah
percakapan.
– ELIZA (Joseph Weizenbaum,
1967), program untuk terapi pasien dengan memberikan jawaban.
..Lingkup Kecerdasan Buatan
1. SistemPakar(Expert
System)
Komputer memiliki keahlian untuk menyelesaikan masalah dengan
meniru keahlian yang dimiliki oleh pakar.
2. Pengolahan Bahasa
Alami (Natural Language Processing)
Diharapkan user dapat berkomunikasi dengan komputer
menggunakan bahasa sehari-hari.
3.
PengenalanUcapan(Speech Recognition)
Melalui pengenalan ucapan, diharapkan manusia dapat berkomunikasi
dengan komputer menggunakan suara.
4. RobotikadanSistemSensor
(Robotics & Sensory Systems)
5. Computer Vision
Menginterpretasikan gambar atau obyek-obyek tampak melalui komputer
6. Intelligence Computer
–aided Instruction
Komputer digunakan sebagai tutor yang dapat melatih dan mengajar.
7. Game Playing
Perkembangan selanjutnya adalah kemunculan Fuzzy Logic
(1965) dan Terminologi Genetika (John Halland, 1975).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar